Rabu, 08 Januari 2014

analisa dfd



Data Flow Diagram Sistem Penjualan Kacamata pada Sebuah Optik
Diagram Konteks


Diagram level 0




Penjelasan dari diagram 0 yang sedang berjalan :
a.       Prosedur pemeriksaan mata pelanggan
Pelanggan memberi data gangguan mata. Data gangguan mata berfungsi untuk mempermudah melakukan pemeriksaan mata. Pelanggan diperiksa gangguan pada mata, apakah dikarenakan mata yang rabun berdasarkan jarak pandak/umur yang sudah tua/karena iritasi, dll. Sampai pada menghasilkan data pemeriksaan mata tersebut.  
b.      Prosedur proses hasil pemeriksaan dan penerimaan order
Hasil pemeriksaan diterima setelah itu pelanggan melakukan order. Prosedur ini pelanggan memilih kacamata yang ingin di pesan sesuai dengan hasil dari pemeriksaan tersebut. Setelah disetujui order diterima.
c.       Prosedur mencatat data order kacamata pelanggan
Selanjutnya melakukan pencatatan data order kacamata pelanggan. Surat pencatatan order kacamata tersebut dibuat sebanyak 2 lembar. Satu lembar diberikan kepada pelanggan. Serta satu lembar yang diberikan kasir dengan menambah nama dan kode kasir.
d.      Prosedur proses transaksi penjualan atau pemesanan kacamata
Selanjutnya proses transaksi penjualan, pelanggan menyerahkan uang pembayaran yang telah sesuai dengan data order dan jumlah yang harus dibayar. Dan hasil dari transaksi ini (data order dan jumlah yang dibayarkan) di arsipkan pada pencatatan transaksi penjualan.
e.        Prosedur mencatat transaksi penjualan atau pemesanan kacamata
Semua data transaksi penjualan atau pemesanan kacamata diarsipkan. Dibuat 2 lembar setiap melakukan transaksi. Satu lembarnya di kumpulkan pada data transaksi penjualan. Dan satu lembar lain berguna dalam proses membuat laporan.
f.        Prosedur membuat laporan transaksi
Data transaksi yang telah dikumpulkan dalam kurun waktu lebih kurang satu bulan dikumpulkan dan di susun hingga menghasilkan laporan yang bagus, rapih dan mudah dipahami yang akan diserahkan kepada pemilik.

Sumber :
putriekananda.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar